Profil Lembaga

Latar Belakang


Pusat Riset dan Pengembangan Produk Halal Universitas Airlangga (PRPPH UNAIR) dibentuk untuk menjalankan fungsi sebagai Halal Research Center (Pusat Kajian Halal) sekaligus Halal Center, guna mendukung peran aktif institusi perguruan tinggi, khususnya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Eksistensi PRPPH UNAIR (Halal Center UNAIR) dikukuhkan oleh Surat Keputusan Rektor Nomor 1305/UN3/2017 tentang Pembentukan Pusat Riset dan Pengembangan Produk Halal Universitas Airlangga, serta Surat Keputusan Rektor Nomor 1313/UN3/2017 tentang Pengangkatan Ketua dan Sekretaris pada Pusat Riset dan Pengembangan Produk Halal Universitas Airlangga. Saat ini PRPPH UNAIR ( Halal Center UNAIR) didukung oleh 3 orang Auditor Halal (bersertifikat BPJPH Kemenag RI), 1 orang Auditor Halal (bersertifikat LPPOM MUI), dan 30 orang peneliti multidisiplin di Lingkungan Universitas Airlangga.


TUGAS POKOK DAN FUNGSI PUSAT RISET DAN PENGEMBANGAN PRODUK HALAL


  1. Merencanakan, melaksanakan, dan mengembangkan program penelitian yang berkaitan dengan kehalalan bahan baku, proses, dan produk, dari makanan, minuman, obat-obatan, juga kosmetik. Serta penelitian yang terkait halal di bidang ekonomi, sosial, dan humaniora.
  2. Menjalankan peran sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) sebagai bagian dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama Republik Indonesia (BPJPH Kemenag RI).
  3. Melaksanakan program kerja sama kelembagaan dengan pihak lain yang terkait dengan kehalalan suatu produk.
  4. Melaksanakan sosialisasi dan desiminasi informasi yang terkait dengan kehalalan suatu produk kepada masyarakat luas.
  5. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan pengabdian, pendidikan, pelatihan, dan pengembangan masyarakat, yang terkait dengan produk halal yang dihasilkan oleh industri besar, Usaha Mikro Kecil dan Menengan (UMKM), rumah makan, maupun rumah potong hewan serta pihak lain yang terkait.

Organisasi

Ketua : Dr. Mustofa Helmi Effendi, DTAPH., drh | Publikasi Scopus
Sekretaris : Dr. Abdul Rahem, M.Kes., Apt | Publikasi Scopus

  1. Riset dan Pengembangan Produk Halal
  2. Lembaga Pemeriksa Halal (LPH)
  3. Pengabdian kepada Masyarakat

Kantor Pusat Riset Dan Pengembangan Produk Halal (Halal Center Unair)